Selasa, 15 Januari 2013

PENGAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI




Tugas Makalah: Bahasa Indonesia

PENGAJARAN BAHASA INGGRIS
PADA ANAK USIA DINI


Oleh :
Haerul Amin
12010102029
JURUSAN TARBIYAH/PBA
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
SULTAN QAIMUDDIN KENDARI
2012
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR                                                                                            
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
B.     Rumusan Masalah
C.     Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pentingnya Pengajaran Bahasa Inggris kepada Anak Usia Dini
B.     Metode-Metode dalam Pengajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran
DAFTAR PUSTAKA






Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, sang Pencipta alam semesta, manusia, dan kehidupan beserta seperangkat aturan-Nya, karena berkat limpahan rahmat, taufiq, hidayah serta inayah-Nya, saya dapat menyelesaikan makalah dengan tema “PENGAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI” yang sederhana ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Maksud dan tujuan dari penulisan makalah ini tidaklah lain untuk memenuhi salah satu dari sekian kewajiban mata kuliah Bahasa Indonesia serta merupakan bentuk langsung tanggung jawab saya pada tugas yang diberikan.
Demikian pengantar yang dapat saya sampaikan, dimana saya pun sadar bahwasannya saya hanyalah seorang manusia yang tidak luput dari kesalahan dan kekurangan, sedangkan kesempurnaan hanya milik Allah Azza Wa jalla, hingga dalam penyusunan makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang konstruktif akan senantiasa saya nanti dalam upaya evaluasi diri.
Akhirnyasaya hanya bisa berharap bahwa dibalik ketidak sempurnaan penulisan dan penyusunan makalah ini adalah ditemukan sesuatu yang dapat memberikan manfaat atau bahkan hikmah bagi saya pribadi sebagai penyusun dan pembaca.Amin Ya Rabbal ‘Alamin.
Wassalam,

Kendari,26 November 2012

Penulis



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dewasa ini banyak anak usia dini yang gemar sekali berbicara dalam bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang ini juga penguasaan bahasa asing itu seperti menjadi suatu kata kunci untuk para orangtua dalam proses mendidik anak-anaknya. Dapat dikatakan, cara ini adalah salah satu usaha orangtua dalam proses menyiapkan anak-anaknya untuk menghadapi persaingan di masa depan yang semakin ketat.
Pendapat dari  Mayke S. Tedjasaputra yang merupakan  Psikolog dan Playtherapist dari Universitas Indonesia, “boleh-boleh saja kita mendidik anak kita  berbahasa asing  kepada anak”, namun untuk membenarkan alasannya itu, Mayke pun berkata “contohnya saja jika orangtua bekerja di luar negeri selama beberapa tahun lamanya, maka mau tak mau anak kita harus berbahasa asing sesuai dengan bahasa di lingkungan sekitarnya,” yang merupakan alas an dari pentingnya pendidikan bahasa asing.
Faktanya tidak sedikit orangtua yang susah mengajari anaknya berbahasa inggris karena alasan trend atau gengsi. “Keadaan ini sangat memprihatinkan  karena orangtua harus menyadari anak hidup di negara Indonesia, dia orang Indonesia yang harus bisa berbahasa Indonesia,” tegas Mayke.
Kata Mayke, bahasa utama yang harus diajarkan kepada anak sebaiknya disesuaikan dengan lingkungan utama pergaulan anak. Mengingat anak tinggal di Indonesia, maka anak butuh pengusaan bahasa ibunya terlebih dahulu (bahasa Indonesia atau bahasa daerah). Dengan demikian, stimulasi anak terhadap bahasa ini cukup banyak, misalnya dari orangtua, keluarga besar, pengasuh, teman, dan lingkungan lain.
Pemahaman bahasa ibu itu juga dimaksudkan supaya anak kita tidak merasa tersisihkan dari lingkungan pergaulannya.“Bisa Anda bayangkan kalau anak ini menjadi asing dengan bahasanya sendiri.Bicara bahasa Indonesia terpatah-patah dengan aksen orang asing,” papar Mayke. Lagipula, dari sudut budaya kondisi tersebut mencerminkan kita menghargai budaya Indonesia yang salah satunya diwujudkan melalui penggunaan bahasa Indonesia atau daerah.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam makalah ini adalah:
1.      Pentingnya pengajaran bahasa Inggris pada anak usia dini
2.      Metode-metode dalam pengajaran bahasa Inggris

C.    Tujuan
Segala sesuatu yang diciptakan pasti memiliki tujuan masing-masing, begitu pun dalam penyusunan makalah ini. Ada pun tujuan dari penyusunan makalah ini antara lain sebagai berikut:
1.      Memberikan informasi tenteng pentingnya pengajaran bahasa Inggris sejak masa anak usia dini.
2.      Agar kita mengetahui metode-metode yang tepat agar pengajaran bahasa Inggris dapat tercapai dengan maksimal.


                                                      
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pentingnya Pengajaran Bahasa Inggris kepada Anak Usia Dini
Pada zaman sekarang ini bahasa Inggris tidak boleh dipandang sebelah mata.Hal ini dikarenakan  begitu pentingnya bahasa Inggris. Banyak orang tua yang ingin mengajarkan anaknya belajar bahasa Inggris sejak usia dini, memang tidak gampang untuk mengajarkan anak usia dini, bukan hanya bahasa Inggris saja, akan tetapi hal-hal lainnya. Dalam mengajarkan bahasa Inggris kepada anak usia dini tentu mempunyai cara yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan remaja atau dewasa. Pada usia dini, anak-anak hanyalah bisa diajarkan pondasi-pondasinya saja dan mereka diajarkan dengan cara yang mereka ketahui yaitu bermain, akan tetapi bukan sekedar bermain. Bermain di sini adalah bermain yang diarahkan.Melalui bermain yang diarahkan, anak-anak tersebut bisa belajar banyak hal. Perlu kita ketahui bahwa pada saat bermain keadaaan otak anak sedang tenang karena ia merasa senang dan ceria. Bila keadaan otak anak dalam keadaan tenang tentu saja ilmu bisa masuk dan tertanam dengan mudah dan baik. 
Telah saya jelaskan di atas bahwa, anak usia dini lebih baik diajarkan pondasi-pondasinya saja. Begitupula dalam mengajarkan bahasa Inggris kepada anak usia dini. Yang kita ajarkan yaitu hal-hal yang sangat dasar dahulu, misalnya hurup-hurup abjad bahasa Inggris, angka, warna, dan juga bisa percakapan-percakapan yang simple dan mudah. 
Peran aktif orang tua sangatlah diperlukan dengan kata lain orangtuapun dituntut untuk mengetahui hal-hal dasar dalam bahasa Inggris itu. Caranya tidaklah sulit, anda bisa membeli buku-buku tentang hurup-hurup abjad bahasa Inggris, warna, dan juga percakapan yang sederhana. 
Bagi orang tua yang mempunyai banyak uang bisa memasukan anak-anaknya ke lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini. Hal ini sangatlah baik dan membantu. Akan tetapi alangkah baiknya jika dirumah orang tuapun bisa melakukan hal yang sama karena waktu anak pasti banyak dihabiskan bersama orang tua mereka, dan saya yakin mereka lebih sering bermain bersama orang tua mereka. Gunakan saat-saat itu untuk mendidik anak anda dan memperkenalkan bahasa Inggris kepada anak anda. Berikut ini beberapa tips atau cara-cara yang mudah-mudahan bermanfaat dan berguna untuk anda dan anak anda.
B.     Metode-Metode dalam Pengajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini
Dalam pengajaran bahasa Inggris kita dapat menerapkian cara-cara sebagai berikut:
a)      Biasakan berkomunikasi dengan bahasa Inggris
“Bisa karena biasa”, hal ini perlu selalu diingat oleh orang tua yang ingin mengajarkan anaknya bahasa Inggris sejak dini.Orang tua harus meluangkan waktunya untuk berkomunikasi dengan buah hatinya dalam bahasa Inggris.Jangan takut untuk melakukan langkah ini walau anda sebagai orang tua tidak mengetahui atau tidak bisa bahasa Inggris.Solusinya adalah, anda harus tega untuk membeli buku-buku contoh percakapan sederhana dalam bahasa Inggris. Saya sarankan yang ada kasetnya sehingga bisa langsung mendengarkan cara mengucapkan kalimat tersebut. Walau hanya percakapan simple misalnya: Good morning, What is your name?, How are you?,Are you happy?, Are you hungry?,  akan tetapi bila diperkenalkan sejak anak anda kecil maka akan memberikan efek yang luar biasa, minimal dia bisa suka terhadap bahasa Inggris. Orang tua akan sangat bangga sekali bila anaknya yang berusia 2,3,4, atau 5 tahun sudah bisa menanyakan nama orang lain dengan menggunakan bahasa Inggris. Ini merupakan kebahagian tersendiri yang akan dirasakan orang tua si anak.
b)  Jika ingin membelikan mainan untuk anaknya, belikanlah mainan yang ada embel-embel bahasa Inggrisnya atau yang menggunakan bahasa Inggris.
c)   Ajari anak anda kosa kata bahasa Inggris sejak dini. Hal ini memang menuntut orang tua si anak untuk mengetahui lebih dahulu kosa kata yang akan diajarkan. Misalnya disaat dia haus, maka anda beri anak anda susu dan katakan dalam bahasa Inggris “milk”. Bila anak anda mempunyai mainan pesawat, di saat dia main, anda pegang sebentar pesawat itu, dan katakan “plane”. Bila hal ini sering anda lakukan maka anak anda akan terbiasa mendengar kata itu dan mengetahui artinya. Tentu anak anda akan mempunyai kelebihan kosa kata bahasa Inggris dibandingkan anak lainnya. Minimal anda harus sudah mengenalkan huruf abjad bahasa Inggris sejak anak anda berusia dini.
d)    Bila anak anda suka nonton kartun, carilah film kartun yang menggunakan bahasa Inggris. Film yang lucu dan dengan gambar-gambar yang menarik pasti disukai anak-anak.
e)    Anda punya komputer di rumah? Bila punya, manfaatkan komputer anda dengan mengajarkan anak anda komputer.Pastinya begitu banyak kata-kata atau menu-menu dalam komputer anda yang menggunakan bahasa Inggris. Ajarilah dan jelaskan arti kata itu. Misalnya “save” untuk menyimpan dan anak anda akan tahu bahwa “save” mempunyai arti menyimpan. Memang banyak orang tua yang enggan mengajarkan anaknya komputer sejak usia dini, akan tetapi banyak anak usia dini yang suka dengankomputer. Mereka suka menekan-nekan keyboard dan lain sebagainya. Bila anda ingin mematikan Komputer tunjukan kepada anak anda dengan melafalakan kata “turn off” dan usahakan anak anda untuk bisa mengulangi perkataan anda.







BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa hal yang wajar saja jika kita mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak usia dini. Namun, yang pastinya syarat dan ketentuannya harus berlaku. Salah satu syarat itu adalah telah benar berkomunikasi dengan bahasa kita yaitu bahasa Indonesia.
B.     Saran
Dewasa ini bahasa asing merupakan salah satu kunci keberhasilan seseorang terutama dalam kelas internasional. Hal ini karena bahasa merupakan alat komunikasi. Tanpa bahasa manusia tidak dapat dikatakan mahluk sosial karena dia tidak dapat melakukan interaksi tanpa bahasa.
Sebaiknya kita tidak memandang sebelah mata terhadap bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Saya harap dengan membaca makalah ini pembaca akan menyadari betapa pentingnya bahasa asing baik pada saat ini maupun masa akan datang.









DAFTAR PUSTAKA

1 komentar: