Tugas
Makalah: Bahasa Indonesia
PENGAJARAN
BAHASA INGGRIS
PADA ANAK USIA DINI
Oleh
:
Haerul
Amin
12010102029
JURUSAN TARBIYAH/PBA
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
SULTAN QAIMUDDIN KENDARI
2012
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR
ISI
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
B.
Rumusan
Masalah
C.
Tujuan
BAB
II PEMBAHASAN
A. Pentingnya Pengajaran Bahasa Inggris
kepada Anak Usia Dini
B.
Metode-Metode
dalam Pengajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini
BAB
III PENUTUP
A.
Kesimpulan
B.
Saran
DAFTAR
PUSTAKA
Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha
Esa, sang Pencipta alam semesta, manusia, dan kehidupan beserta seperangkat
aturan-Nya, karena berkat limpahan rahmat, taufiq, hidayah serta inayah-Nya, saya
dapat menyelesaikan makalah dengan tema “PENGAJARAN
BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI”
yang sederhana ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Maksud dan tujuan dari penulisan makalah
ini tidaklah lain untuk memenuhi salah satu dari sekian kewajiban mata kuliah
Bahasa Indonesia serta merupakan bentuk langsung tanggung jawab saya pada tugas
yang diberikan.
Demikian pengantar yang dapat saya
sampaikan, dimana saya pun sadar bahwasannya saya hanyalah seorang manusia yang
tidak luput dari kesalahan dan kekurangan, sedangkan kesempurnaan hanya milik
Allah Azza Wa jalla, hingga dalam penyusunan makalah ini masih jauh dari kata
sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang konstruktif akan senantiasa saya
nanti dalam upaya evaluasi diri.
Akhirnyasaya hanya bisa berharap bahwa
dibalik ketidak sempurnaan penulisan dan penyusunan makalah ini adalah
ditemukan sesuatu yang dapat memberikan manfaat atau bahkan hikmah bagi saya
pribadi sebagai penyusun dan pembaca.Amin Ya Rabbal ‘Alamin.
Wassalam,
Kendari,26 November 2012
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dewasa ini banyak anak usia dini yang gemar sekali berbicara dalam
bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang ini juga penguasaan bahasa
asing itu seperti menjadi suatu kata kunci untuk para orangtua dalam proses
mendidik anak-anaknya. Dapat dikatakan, cara ini adalah salah satu usaha
orangtua dalam proses menyiapkan anak-anaknya untuk menghadapi persaingan di
masa depan yang semakin ketat.
Pendapat dari Mayke S. Tedjasaputra yang merupakan
Psikolog dan Playtherapist dari Universitas Indonesia, “boleh-boleh saja
kita mendidik anak kita berbahasa asing kepada anak”, namun untuk membenarkan
alasannya itu, Mayke pun berkata “contohnya saja jika orangtua bekerja di luar
negeri selama beberapa tahun lamanya, maka mau tak mau anak kita harus
berbahasa asing sesuai dengan bahasa di lingkungan sekitarnya,” yang merupakan
alas an dari pentingnya pendidikan bahasa asing.
Faktanya tidak sedikit orangtua yang susah mengajari anaknya
berbahasa inggris karena alasan trend atau gengsi. “Keadaan ini sangat
memprihatinkan karena orangtua harus menyadari anak hidup di negara
Indonesia, dia orang Indonesia yang harus bisa berbahasa Indonesia,” tegas
Mayke.
Kata Mayke, bahasa utama yang harus diajarkan kepada anak sebaiknya
disesuaikan dengan lingkungan utama pergaulan anak. Mengingat anak tinggal di
Indonesia, maka anak butuh pengusaan bahasa ibunya terlebih dahulu (bahasa
Indonesia atau bahasa daerah). Dengan demikian, stimulasi anak terhadap bahasa
ini cukup banyak, misalnya dari orangtua, keluarga besar, pengasuh, teman, dan
lingkungan lain.
Pemahaman bahasa ibu itu juga dimaksudkan supaya anak kita tidak
merasa tersisihkan dari lingkungan pergaulannya.“Bisa Anda bayangkan kalau anak
ini menjadi asing dengan bahasanya sendiri.Bicara bahasa Indonesia
terpatah-patah dengan aksen orang asing,” papar Mayke. Lagipula, dari sudut
budaya kondisi tersebut mencerminkan kita menghargai budaya Indonesia yang
salah satunya diwujudkan melalui penggunaan bahasa Indonesia atau daerah.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam
makalah ini adalah:
1.
Pentingnya
pengajaran bahasa Inggris pada anak usia dini
2.
Metode-metode
dalam pengajaran bahasa Inggris
C.
Tujuan
Segala sesuatu yang diciptakan pasti memiliki tujuan masing-masing,
begitu pun dalam penyusunan makalah ini. Ada pun tujuan dari penyusunan makalah
ini antara lain sebagai berikut:
1.
Memberikan
informasi tenteng pentingnya pengajaran bahasa Inggris sejak masa anak usia
dini.
2.
Agar
kita mengetahui metode-metode yang tepat agar pengajaran bahasa Inggris dapat
tercapai dengan maksimal.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pentingnya Pengajaran Bahasa Inggris kepada Anak Usia Dini
Pada zaman sekarang ini bahasa Inggris tidak boleh dipandang
sebelah mata.Hal ini dikarenakan begitu pentingnya bahasa Inggris. Banyak
orang tua yang ingin mengajarkan anaknya belajar bahasa Inggris sejak usia
dini, memang tidak gampang untuk mengajarkan anak usia dini, bukan hanya bahasa
Inggris saja, akan tetapi hal-hal lainnya. Dalam mengajarkan bahasa Inggris
kepada anak usia dini tentu mempunyai cara yang sangat berbeda jika
dibandingkan dengan remaja atau dewasa. Pada usia dini, anak-anak hanyalah bisa
diajarkan pondasi-pondasinya saja dan mereka diajarkan dengan cara yang mereka
ketahui yaitu bermain, akan tetapi bukan sekedar bermain. Bermain di sini
adalah bermain yang diarahkan.Melalui bermain yang diarahkan, anak-anak
tersebut bisa belajar banyak hal. Perlu kita ketahui bahwa pada saat bermain
keadaaan otak anak sedang tenang karena ia merasa senang dan ceria. Bila
keadaan otak anak dalam keadaan tenang tentu saja ilmu bisa masuk dan tertanam
dengan mudah dan baik.
Telah saya jelaskan di atas bahwa, anak usia dini lebih baik
diajarkan pondasi-pondasinya saja. Begitupula dalam mengajarkan bahasa Inggris
kepada anak usia dini. Yang kita ajarkan yaitu hal-hal yang sangat dasar
dahulu, misalnya hurup-hurup abjad bahasa Inggris, angka, warna, dan juga bisa
percakapan-percakapan yang simple dan mudah.
Peran aktif orang tua sangatlah diperlukan dengan kata lain orangtuapun
dituntut untuk mengetahui hal-hal dasar dalam bahasa Inggris itu. Caranya
tidaklah sulit, anda bisa membeli buku-buku tentang hurup-hurup abjad bahasa
Inggris, warna, dan juga percakapan yang sederhana.
Bagi orang tua yang mempunyai banyak uang bisa memasukan
anak-anaknya ke lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini. Hal ini sangatlah
baik dan membantu. Akan tetapi alangkah baiknya jika dirumah orang tuapun bisa
melakukan hal yang sama karena waktu anak pasti banyak dihabiskan bersama orang
tua mereka, dan saya yakin mereka lebih sering bermain bersama orang tua
mereka. Gunakan saat-saat itu untuk mendidik anak anda dan memperkenalkan
bahasa Inggris kepada anak anda. Berikut ini beberapa tips atau cara-cara yang
mudah-mudahan bermanfaat dan berguna untuk anda dan anak anda.
B.
Metode-Metode dalam Pengajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini
Dalam pengajaran bahasa Inggris kita dapat menerapkian cara-cara
sebagai berikut:
a) Biasakan berkomunikasi dengan
bahasa Inggris
“Bisa karena biasa”, hal ini perlu selalu diingat oleh orang tua
yang ingin mengajarkan anaknya bahasa Inggris sejak dini.Orang tua harus meluangkan
waktunya untuk berkomunikasi dengan buah hatinya dalam bahasa Inggris.Jangan
takut untuk melakukan langkah ini walau anda sebagai orang tua tidak mengetahui
atau tidak bisa bahasa Inggris.Solusinya adalah, anda harus tega untuk membeli
buku-buku contoh percakapan sederhana dalam bahasa Inggris. Saya sarankan yang
ada kasetnya sehingga bisa langsung mendengarkan cara mengucapkan kalimat
tersebut. Walau hanya percakapan simple misalnya: Good morning, What is your
name?, How are you?,Are you happy?, Are you hungry?, akan tetapi bila diperkenalkan sejak anak anda
kecil maka akan memberikan efek yang luar biasa, minimal dia bisa suka terhadap
bahasa Inggris. Orang tua akan sangat bangga sekali bila anaknya yang berusia
2,3,4, atau 5 tahun sudah bisa menanyakan nama orang lain dengan menggunakan
bahasa Inggris. Ini merupakan kebahagian tersendiri yang akan dirasakan orang
tua si anak.
b) Jika ingin membelikan mainan untuk anaknya, belikanlah
mainan yang ada embel-embel bahasa Inggrisnya atau yang menggunakan bahasa
Inggris.
c) Ajari anak anda kosa kata bahasa Inggris sejak dini. Hal
ini memang menuntut orang tua si anak untuk mengetahui lebih dahulu kosa kata
yang akan diajarkan. Misalnya disaat dia haus, maka anda beri anak anda susu
dan katakan dalam bahasa Inggris “milk”. Bila anak anda mempunyai mainan
pesawat, di saat dia main, anda pegang sebentar pesawat itu, dan katakan
“plane”. Bila hal ini sering anda lakukan maka anak anda akan terbiasa
mendengar kata itu dan mengetahui artinya. Tentu anak anda akan mempunyai
kelebihan kosa kata bahasa Inggris dibandingkan anak lainnya. Minimal anda
harus sudah mengenalkan huruf abjad bahasa Inggris sejak anak anda berusia
dini.
d) Bila anak anda suka nonton kartun, carilah
film kartun yang menggunakan bahasa Inggris. Film yang lucu dan dengan
gambar-gambar yang menarik pasti disukai anak-anak.
e) Anda punya komputer di rumah? Bila punya, manfaatkan
komputer anda dengan mengajarkan anak anda komputer.Pastinya begitu banyak
kata-kata atau menu-menu dalam komputer anda yang menggunakan bahasa Inggris. Ajarilah
dan jelaskan arti kata itu. Misalnya “save” untuk menyimpan dan anak anda akan
tahu bahwa “save” mempunyai arti menyimpan. Memang banyak orang tua yang enggan
mengajarkan anaknya komputer sejak usia dini, akan tetapi banyak anak usia dini
yang suka dengankomputer. Mereka suka menekan-nekan keyboard dan lain
sebagainya. Bila anda ingin mematikan Komputer tunjukan kepada anak anda dengan
melafalakan kata “turn off” dan usahakan anak anda untuk bisa mengulangi
perkataan anda.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari uraian
diatas dapat disimpulkan bahwa hal
yang wajar saja jika kita mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak usia
dini. Namun, yang pastinya syarat dan ketentuannya harus berlaku. Salah satu
syarat itu adalah telah benar berkomunikasi dengan bahasa kita yaitu
bahasa Indonesia.
B.
Saran
Dewasa ini bahasa asing merupakan salah satu kunci keberhasilan
seseorang terutama dalam kelas internasional. Hal ini karena bahasa merupakan
alat komunikasi. Tanpa bahasa manusia tidak dapat dikatakan mahluk sosial
karena dia tidak dapat melakukan interaksi tanpa bahasa.
Sebaiknya kita tidak memandang sebelah mata terhadap bahasa asing,
terutama bahasa Inggris. Saya harap dengan membaca makalah ini pembaca akan
menyadari betapa pentingnya bahasa asing baik pada saat ini maupun masa akan
datang.
DAFTAR PUSTAKA
maaf kok pembahasannya kurang lengkap
BalasHapusada lagi gan: using stories method dengan memberikan/membacakan buku-buku bahasa inggris kepada anak-anak.
BalasHapusgan mampir ke buku bahasa inggris anak islami: I Wonder How Many. trims, gan.